Halaman

Sabtu, 03 Juni 2017

Pengembangan dan Penggunaan Media Flip Chart dalam Proses Pembelajaran



Pengembangan dan Penggunaan Media Flip Chart dalam Proses Pembelajaran

A.      Kegunaan Media Flip Chart dalam Pembelajaran
Flip Chart merupakan media gambar yang menggunakan susunan gambar – gambar yang digantung pada tiang gantungan kecil dan cara menunjukan dengan membalik gambar satu per satu (Anitah, 2008: 20). Penggunaan Flip Chart ini adalah salah satu cara tutor dalam menghemat waktunya untuk menulis di papan tulis dan juga sangat efektif untuk mempermudah tutor dalam mengajar sehingga materi yang disampaikan dapat di serap dengan baik oleh semua warga belajar. Dalam penggunaannya dapat dibalik jika pesan pada lembaran depan sudah ditampilkan dan digantikan dengan lembaran berikutnya. Flipchart hanya cocok untuk pembelajaran kelompok kecil yaitu 15-20 orang.
Penyajian informasi flipchart dapat berupa gambar, huruf, diagram dan angka. Jauh sebelum teknologi OHP, slide film, dan LCD memasuki ruang belajar, flip chart sudah digunakan untuk media presentasi. Sampai saat ini, flip chart juga masih digunakan karena kepraktisannya. Ketika pembelajaran di alam terbuka yang jauh dari aliran listrik, flip chart sangat tepat untuk membantu presentasi. Bendel flip chart mudah dibawa ke mana saja tergantung tempat presentasi
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkeUTFy9qElrns-VQ_gyWwpPKLO42FoJej6wQUIGmZBxChg6b9FRCh85VJcRbzWbyhE8W_aI8-sjOtuwlzaaLG59rrXv4AY9cyiGPWiIl7RdzXFGXbIkmUETigwwT5biw0HW9hkavRWTc/s1600/flip+chart.jpg              https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtKGcwcPi0hECbx1PyO8xhs-UXDbO2NoHZ5TUBIcezqY-9cAqFHGsBBDt0i1JYPoR6m3b98ADy_LzXKVqssSyUTyvTHDtEr6a4mVSrZIev-b-fyLHcmjjnP7vPrtQzgE4YtAVMcmgMFEU/s1600/flipchart1.jpg                                
Flip chart adalah kumpulan ringkasan, skema, gambar, table yang dibuka secara berurutan berdasarkan topik materi pembelajaran. Bahan flip chart biasanya kertas ukuran plano yang mudah dibuka-buka, mudah ditulisi, dan berwarna cerah. Untuk daya tarik, flip chart dapat dicetak dengan aneka warna dan variasi desainnya. Cara penggunaan flip chart tergantung metode apa yang akan digunakan. Kalau metode ceramah, flip chart langsung dibuka sesuai dengan topik pembicaraan untuk diterangkan atau ditulisi hal-hal yang perlu dituliskan. Sehingga tidak membuat bosan bagi warga belajar yang mendengarkannya.

B.  Karakteristik Media Flip Chart dalam Pembelajaran
Flip chart atau bagan balik pada prinsipnya memuat semua materi yang akan disampaikan. Tetapi materi itu disajikan secara bertahap atau bagan demi bagan. Tiap bagian materi dituangkan pada lembaran kertas yang berbeda. Selanjutnya lembaran-lembaran itu dibendel menjadi satu sehingga pelaksanaan pembelajaran akan lebih tersusun dengan menggunakan flip chart ini. Cara penggunaannya kita tinggal membalik satu per satu sesuai dengan materi yang akan disajikan.

C.  Manfaat Flipchart
1.      Mampu menyajikan pesan pembelajaran secara ringkas dan praktis. Karena pada umumnya berukuran sedang lebih kecil dari standar ukuran whiteboard, maka pesan pembelajaran yang disajikan secara ringkas mencakup pokok-pokok materi pembelajaran.
2.      Dapat digunakan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Media ini tidak membutuhkan arus listrik sehingga jika digunakan di luar ruangan yang tidak ada saluran listrik tidak menjadi masalah.
3.      Bahan pembuatan relatif murah. Bahan dasar Flipchart adalah kertas sebagai media untuk menuangkan gagasan ide dan informasi pembelajaran. Kertas yang dibutuhkan tidak spesifik harus menggunakan kertas tertentu, namun semua jenis kertas pada dasarnya dapat digunakan. Kertas yang umum digunakan diantaranya kertas karton atau Buffalo Papper.
4.      Meningkatkan aktivitas belajar. Dilihat dari bentuk penyajian dan desain, maka Flipchart secara umum terbagi dalam dua sajian, pertama Flipchart yang hanya berisi lembaran-lembaran kertas kosong yang siap diisi pesan pembelajaran, seperti whiteboard.  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhI0T3N6UG0JnnR_qvNC9EPk0dWHNGZcsaJKNvGhUSe3oZ5BnZ8G9In9wIz-2eSsBOxQpyI3F4IINQlJM0zk_fHccnOCsrVxtuVuxH5zjBA2f7G-1COr-jQoRluf0-4Tlmo8-qew_1zUog/s1600/flip+2.jpg

D.  Teknik Pembuatan Media FlipChart
a.        Tentukan tujuan pembelajan
Tujuan perlu dirumuskan lebih khusus apakah tujuan bersifat penguasaan kognitif, penguasaan keterampilan tertentu atau tujuan untuk penanaman sikap.
b.         Menentukan bentuk flipchart
Flipchart terbagi dalam dua sajian, pertama flipchart yang hanya berisi lembaran – lembaran kertas kosong yang siap di isi pesan pembelajaran. Kedua, Flipchart yang berisi pesan – pesan pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya yang isinya bisa berupa gambar, teks, grafik, bagan dan lain – lain. Berdasarkan tujuan yang telah kita tentukan maka pilih bentuk flipchart mana yang akan di buat atau disiapkan.
c.        Membuat ringkasan materi
Media flipchart tidak berbentuk uraian panjang, namun dalam buku teks hanya di ambil pokok – pokoknya saja. Setiap pokok bahasan diseleksi mana yang menjadi materi yang perlu disiapkan.
d.       Merancang draf kasar ( Sketsa )
Draf kasar yang di maksud adalah sketsa yang langsung dibuatkan di lembaran – lembaran kertas flipchart menggunakan pensil yang dapat dihapus jika sudah selesai dibuat.
e.        Memilih warna yang sesuai
Salah satu upaya adalah menggunakan warna yang bervariatif. Flipchart yang hanya menggunakan satu warna kurang menarik bagi warga belajar yang masih anak-anak. Anak-anak cenderung menyukai tampilan media yang berwarna – warni. Warna juga akan membantu memfokuskan perhatian warga belajar pada materi berlangsung.

E.   Kelebihan Flip Chart dalam Pembelajaran
     Dalam penggunaan media Flip Chart memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
1.      Mampu menyajikan pesan pembelajaran secara ringkas.
2.      Pada umumnya berukuran sedang lebih kecil dari ukuran white board maka pesan pembelajaran yang di sajikan harus ringkas hanya mencakup pokok-pokok materi pembelajaran.
3.       Dapat digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan.
4.      Penggunaan media Flip Chart adalah cara yang paling mudah untuk pengajaran
5.      Merupakan suatu cara lain agar warga belajar tidak bosan sehingga warga belajar lebih berimajinasi dalam mengembangkan ide-idenya dalam belajar.
6.      Menghemat waktu tutor untuk tidak menulis di papan tulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Validitas dan Reliabilitas

  1.       Pengertian Validitas dan Reliabilitas Uji keabsahan data dalam penelitian, sering hanya ditekankan pada uji validi...